Minggu, 07 Oktober 2012

Manajer dan Manajemen

MANAJER

MANAJER adalah setiap orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya

Manajer diklasifikasikan menjadi 2, yaitu :
1.Menurut tingkatannya :
* Tinggi (Top Manager)
* Menengah (Middle Manager)
* Bawah (Lower Manager)
2.Menurut tanggungjawab dalam organisasi :
* Manajer Umum (General Manager)
* Manajer Fungsional (Functional Manager)

Jenis Manajer Berdasarkan Tingkatannya
1.Top Managers
–Sekelompok kecil eksekutif yang mengelola keseluruhan organisasi, mereka menciptakan tujuan organisasi, strategi pencapaian dan kebijakan operasional (CEO, Pres Dir, Wk)
2.Middle Managers
–Kelompok manajer yang paling banyak dlm organisasi, bartanggung jawab untuk mengimplementasikan kebijakan dan rencana yang dikembangkan oleh manajer puncak serta untuk mengevaluasi, supervisi dan mengkoordinasikan pekerjaan manajer bawahannya.
3.First-Line Managers
–Mengawasi/supervisi dan mengkordinasikan aktifitas karyawan

Jenis Manajer Berdasarkan Bidang Tugas
1.Marketing Managers
Bekerja pada bidang yang berhubungan dengan fungsi pemasaran (pengembangan produk baru, promosi, distribusi, jaringan klien, konsumen)
2. Financial Managers
Terutama berhubungan dengan pengelolaan sumber daya keuangan (acounting, manajemen kas, investasi)
3. Operations Managers
Berurusan dengan penciptaan dan pengelolaan sistem yang menciptakan produk / jasa perusahaan (pengendalian produksi, pengendalian persediaan, pengendalian kualitas, lay out pabrik dan pemilihan lokasi)
4. Human Resource Managers
Bertanggung jawab untuk menerima dan mengembangkan karyawan ( human resource planning, recruiting and selecting employees, training and development, designing compensation and benefit systems, formulating performance appraisal systems, and discharging low-performing employees.)
5. Administrative Managers
Lebih bersifat umum, akrab dengan semua bidang manajemen dari pada berspesialis pada satu bidang 6. Other Kinds of Managers
Sesuai dengan bidang usaha/tujuan organisasi
( Public relations managers etc).

Peran Manajerial (H Mintzberg)
•Interpersonal Roles
–Figurehead, leader, and liaison roles involve dealing with other people.
•Informational Roles
–Monitor and spokesperson roles involve the processing of information.
•Decisional Roles
–Entrepreneur, disturbance handler, resource allocator, and negotiator are managerial roles
primarily related to making decisions

APA YANG DILAKUKAN MANAJER
1.
Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain
2.
Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas
3.
Manajer bertanggungjawab dan mempertanggungjawabkan
4.
Manajer harus berpikir secara analistis dan konseptual



MANAJEMEN


MANAJEMEN adalah seni dan ilmu pada perencanaan, perorganisasian, pengarahan, pemotivasian dan pengendalian, terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.

Fungsi Manajemen :
5W+1H
what
when: sejak adanya penciptaan bumi
where: dimana saja
who: tokoh manajemen klas ADAM SMITH
why: untuk menjaga keseimbangan dan keteraturan
how

Elemen Dasar Manajemen
1. Sifat
-Seni (art): sebagai suatu keahlian, keahlian, kemahiran, kemampuan, dan keterampilan dalam aplikasi ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan.
-Ilmu: akumulasi pengetahuan yang telah di sistematikan dan diorganisasikan untuk mencapai kebenaran umum(general purpose)
-Profesi

2. Fungsi
-Planning:
-Organizing
-Actuating
-Controling

3. Sasaran 6 M
a. Man
b. Money
c. Method
d. Machine
e. Market
f. Material

4. Tujuan
a. Sasaran (objective)
b. Maksud (purpose)
c. Batas waktu (deadline)
d. Standar
e. Target
f. Jatah (quota)


 


1 komentar: